Rabu, 09 September 2009

PIDATO MASA ORIENTASI

PIDATO MASA ORIENTASI (TA’ARUF WEEK)



Yang saya hormati Bapak Pimpinan Rektor Universitas Muhammadyah Surakarta Prof. Dr. H. Bambang Setiaji. Yang terhormat para wakil rektor dan dosen Universitas Muhammadyah Surakarta yang saya cintai.

Bismillahi arrahman arrahiim,

Assalamualaikum Wrt. Wrb.



Hadirin yang saya hormati,

Pada pagi hari ini saya merasa bahagia dan bersyukur kepada Allah (swt), atas rahmat, berkah dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang penuh dengan berkah ini, amin. Terima kasih saya ucapkan kepada pembagi acara atas penghormatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato dalam rangka Ta’aruf Week atau masa orientasi Universitas Muhammadyah Surakarta yang kita cintai ini.

Sebuah aktifias rutin bagi setiap perguruan tinggi adalah mengadakan masa orientasi siswa dalam rangka menyambut kedatangan siswa baru di kampus. Dengan segala bentuk cara dan kegiatan yang dipersiapkan pihak kampus bekerja sama degan pengurus Senat mahasiswa untuk menyambut siswa baru sekaligus mempekenalan lingkungan kampus.

Biasanya siswa baru bakal diperkenalkan keharusan memakai atibut-atribut yang aneh-aneh seperti, topi dari bola, kalung petai/cabe, baju dari plastik, tas dari karung beras, dll.

Soalnya Masa Orientasi itu ajang untuk melatih mental dan perkenalan dengan ligkungan kampus dan perkenalan anak-anak baru dengan senior-seniornya.









*ORIENTASI SISWA/I PERLU G SICH???

Yang perlu di tanyakan sebenarnya perlu atau tidak sich diadakannya masa orientasi? Masa Orientasi atau yang lebih popular sebutannya Perpelocoan. Apalagi dengan banyak kejadian-kejadian yang mengakibatkan meninggalnya siswa baru tersebut kan? Apa sich yang perlu dilatih? Katanya melatih MENTAL….! Mental yang mana yang perlu dilatih? Melatih mental tidak Cuma dengan waktu satu minggu atau dengan cara tampar atau tendang atau gebuk badan sana-sini. .waktu dan keadaan melatih mental seseorang dengan sendirinya jadi bukan dari ajang perpelocoan.

Apa yang hebat dari orang-orang luar negeri? Mereka tahu diri dan bisa membaca apa yang dimaksud dengan Orientasi Pelajar. Freshmen Orientation. Sesuai dengan namanya apa yang mereka lakukan benar-benar berguna untuk orientasi siswanya.

Kegiatan-kegiatan yang umum :

* Pesta penyambutan murid baru
* Pidato pembukaan yang dihadiri seluruh siswa baru dan orang tuanya
* Orientasi seluruh lingkungan sekolah
* Menentukan ekskul-ekskul yang mau di ambil
* Permainan bersama
* Introduction seminar

Tidak ada yang namanya kegiatan perpelocoan. negara bagian California menegaskan bahwa hazing(perpelocoan), yaitu tindakan-tindakan paksa yang secara fisik atau secara mental membahayakan, yang digunakan sebagai inisiasi masuk lembaga/grup/kegiatan tertentu dilarang oleh hukum dan dapat diancam hukuman pidana penjara atau denda.

Saudara serta teman-teman sekalian yang saya hormati,

Saya rasa perlu dan sebaiknya jangan mengarah ke FISIK tapi lebih ke MENTAL, mengubah mental SMA menjadi mental MAHASISWA dan lebih berpikir positif kedepan. So, sudah tidak jaman main fisik. Tapi kalau mentalnya yang di hantam yah baguslah, karena bakalan di pakai dalam kehidupan yang makin keras dan membutuhkan metal dan semangat setebal baja.

Juga, karena saat orientasi kita jadi tahu bagaimana system manajemen kampus kita. Mahasiswa/i baru akan lebih bisa menyiapkan strategi belajarnya sebelum memulai proses belajar hingga lulus. Kenal (minimal) wajah para pejabat rektorat dan visi-misi almamater. Bahkan dari masa orientasi akan diketahui bagaimana cara mengoptimalkan UKM dan Lab untuk pegembangan diri dari mahasiswa.

Saya yakin dan percaya bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran yang ada di Universitas Muhammadyah Surakarta -dengan sistem terpadunya dan full day universitynya- mampu menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan transformasi sosio-budaya, sosio-politik dan sosio-ekonomi yang akan menghantarkan para mahasiswanya dan masyarakat di sekitar UMS untuk dapat menikmati taraf kehidupan yang lebih baik menuju masyarakat yang adil dan makmur serta mendapatkan rahmat dan berkah serta petunjuk ilahi rabbi. Amin.

Demikianlah sambutan atau pidato yang dapat saya sampaikan dalam rangka Masa Ta’aruf di Universitas Muhammadyah Surakarta, semoga bermanfaat teutama bagi diri saya pribadi. Hadaana allahu wa-iyyakum. Wa billahi t-taufiq wal hidayah



Wassalamualaikum Wrt. Wrb.







RYAN TEKNIKA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar